Welcome to My Website

Klasifikasi Shoot Dasar

Diposting oleh nuur wachid abdul majid Selasa, 20 Oktober 2009

􀂛
Extreme Close Up (ECU)
Extreme Close Up (ECU) atau Big Close Up (BCU) atau Tight Close Up (TCU) merupakan bidikan camera lebih ekstrem dari Close Up. Tujuannya, penonton agar benar-benar tertuju pada wajah. Extrem Close Up ini digunakan apabila ekspresi wajah atau obyek penting secara dramatis, penonton memusatkan perhatian secara ekstrem pada bagian ini, dan mengesampingkan bagian lainnya. Kadang Lebih Ektrime lagi, yaitu camera dibidikkan pada bagian dari wajah, misalnya: mata, mulut, hidung, atau telinga saja.
􀂛
Close Up (CU)
Close Up (CU) adalah bidikan kamera bidikan kamera (shot) sangat dekat pada orang atau obyek. Tujuannya, penonton tertuju pada wajah. Close Up ini digunakan bila ekspresi wajah atau obyek penting secara dramatis dan penonton memusatkan perhatian pada bagian ini serta mengesampingkan bagian lainya.
􀂛
Medium Close Up (MCU)
Medium Close Up (MCU) merupakan bidikan kamera cukup dekat pada subyek tetapi mencakup juga obyek lain yang dekat.
􀂛
Medium Shot (MS)
Medium Shot (MS) adalah bidikan kamera dengan sudut lebar pada subyek, tetapi bukan latar belakang keseluruhan.
9
􀂛
Long Shot (LS)
Long Shot (LS) menampilkan seluruh badan. Besarnya objek sekitar 1/3 sampai ¾ dari lebar layar.
􀂛
Very Long Shot (VLS)
Very Long Shot (VLS) adalah bidikan kamera sangat jauh.
􀂛
Two Shot dan Group Shot
Two Shot adalah bidikan kamera pada dua karakter pada dua karakter yang biasanya dekat dengan kamera.
(b)
Perpindahan Camera
􀂛
Pan
Perpindahan camera secara panning yaitu yaitu camera bergerak dari kiri ke kanan tapi terkunci pada porosnya. Sama halnya saat anda menoleh ke kiri dank e kanan, porosnya adalah leher anda.
􀂛
Ped
Pergerakan camera ke atas dan ke bawah pada satu titik poros. Perpindahan ini ibarat anda naik dan turun tangga. Tangga adalah titik porosnya.
􀂛
Tilt
Perbedaan Ped adalah Tilt ibarat anda sedang menengadah ke atas dan menunduk ke bawah, titik porosnya sama dengan perpindahan panning yaitu leher anda.
􀂛
Truck
Pergerakan Truck pada dasarnya adalah Dolly yang bergeser kearah kiri dan kanan. Kalau ditinjau dari pergherakan Truck, maka Dolly adalah Truck ke depan dan ke belakang.
10
􀂛
Arc
Pergerakan Arc adalah perpindahan yang perpindahan yang membuat gerakan melingkar. Hampir sama dengan Panning, Cuma pada Panning terkunci pada poros, sedangkan Arc kesemua perangkat camera ikut bergerak.

0 komentar

Posting Komentar